OBE-TI: CPL1

Perincian Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Industri (Level 6)

 

Capaian Pembelajaran Lulusan 1        :    Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi

 

Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran Lulusan

Materi Pembelajaran

Keterangan

Beban (SKS atau sesi)

  1. Memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan hukum-hukum mekanika dalam masalah fisik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan azas dan metode dalam  elektromagnetika untuk menjelaskan masalah fisik

 

 

 

 

 

 

 

  1. Memiliki ketrampilan dalam melakukan percobaan secara ilmiah untuk menjelaskan fenomena fisik

·       Kinematika Benda Titik

·       Gerak Relatif

·       Dinamika Benda Titik (hukum-hukum

Newton dengan konsep gaya, usaha dan energi, impuls dan momentum, hukum

hukum kekekalan)

·       Dinamika Sistem Benda Titik (pusat massa)

·       Gerak Rotasi (momentum sudut, rotasi benda tegar dengan sumbu tetap)

·       Elastisitas dan Osilasi

·       Gelombang Mekanik

·       Statika dan Dinamika fluida

·       Termofisika (teori kinetik gas, kalor dan usaha, hukum I termodinamika, efisiensi, siklus Carnot)

 

 

·       Elektostatik (medan dan gaya listrik)

·       Hukum Gauss

·       Energi Potensial

·       Listrik, Potensial Listrik

·       Kapasitor

·       Magnetostatik

·       GGL Induksi Magnetik

·       Arus Bolak-Balik

·       Gelombang Elektromagnetik

·       Fisika Modern

·       Fisika Atom Elektrostatik

 

·       Praktikum fisika dasar

Matakuliah: Fisika Dasar

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi dan praktikum

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory. Asesmen dilakukan melalui soal test, quiz dan ujian. 

 

Persyaratan: --

 

Perhatian:  Praktikum fisika dasar diarahkan juga untuk memberikan kemampuan dasar dalam melakukan penelitian (persoalan, percobaan, pengumpulan data, analisis, kesimpulan)

 

Dalam pelaksanaannya dapat dipecah menjadi dua matakuliah pada semester berbeda.

4 SKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 SKS

(P)

 

  1. Memahami konsep sistem bilangan real
  2. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan  metode pertaksamaan, fungsi dan limit untuk menyelesaikan masalah
  3. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode turunan dan integral untuk menyelesaikan masalah
  4. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode fungsi transenden dan teknik pengintegralan untuk menyelesaikan masalah
  5. Memahami konsep bentuk tak tentu dan integral tak wajar

 

 

  1. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan  metode deret tak terhingga untuk menyelesaikan masalah
  2. Memahami konsep geometri di bidang dan ruang
  3. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode turunan di Rn untuk menyelesaikan masalah
  4. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode integral lipat dua untuk menyelesaikan masalah

13.  Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode persamaan diferensial biasa untuk menyelesaikan masalah

·       Sistem Bilangan Real

 

·       Pertaksamaan

·       Fungsi dan Limit

 

 

 

·       Turunan

·       Penggunaan Turunan

·       Integral

 

 

·       Penggunaan Integral

·       Fungsi Transenden

 

 

 

·          Teknik Pengintegralan

·          Bentuk tak tentu dan Integral tak wajar

 

 

·          Deret Takhingga

 

 

 

 

·          Geometri di Bidang dan Ruang

·          Turunan di Rn  

 

 

 

 

·          Integral Lipat Dua

·          Persamaan Diferensial Biasa

Matakuliah: Kalkulus Dasar

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory. Asesmen dilakukan melalui soal test, quiz dan ujian. 

 

Persyaratan: --

 

Perhatian: Penjelasan tentang perlunya memanfaatkan matematika untuk membangun kemampuan analitik di samping dimanfaatkan untuk dasar Statistika dan Penelitian Operasional

 

Dalam pelaksanaannya dapat dipecah menjadi dua matakuliah pada semester berbeda.

4 SKS

  1. Memahami konsep sistem persamaan linier
  2. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan  metode matriks dan determinan untuk menyelesaikan masalah
  3. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode vektor di bidang dan ruang untuk menyelesaikan masalah

 

 

17.  Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode transformasi linier

·          Sistem Persamaan Linier

 

·          Matriks

·          Determinan

 

 

·          Vektor di bidang dan di ruang

·          Ruang vektor Euklid

·          Ruang vektor umum

·          Ruang Hasil Kali Dalam

·          Nilai karakteristik dan Vektor karakteristik

 

·          Transformasi Linier, diagonalisasi matriks secara ortogonal

Matakuliah: Aljabar Linier

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory. Asesmen dilakukan melalui soal test, quiz dan ujian. 

 

Persyaratan: Kalkulus Dasar

 

Perhatian:  dosen agar menjelaskan kegunaan teori pada matakuliah ini untuk keperluan matakuliah Penelitian Operasional khususnya terkait dengan Programa Linier

2 SKS

  1. Memahami konsep-konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari bidang optimisasi

 

 

  1. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode penghampiran nilai fungsi untuk menyelesaikan masalah
  2. Memahami konsep serta trampil dalam memakai rumus dan metode maksimasi dan minimasi untuk menyelesaikan masalah

·          Parameterisasi

·          Fungsi bernilai vektor

·          Permukaan di R3

·          Turunan di Rn

 

·          Metode lagrange dan aplikasinya

 

 

 

 

·          Integral garis dan integral permukaan yang meliputi parameterisasi permukaan, luas permukaan

·          Integral fungsi atas permukaan

·          Teorema Green

Matakuliah: Matematika  Optimisasi

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory. Asesmen dilakukan melalui soal test, quiz dan ujian. 

 

Persyaratan: Kalkulus Dasar

 

Perhatian:  dosen agar menjelaskan kegunaan teori pada matakuliah ini untuk keperluan matakuliah Penelitian Operasional khususnya terkait dengan metode optimisasi.

2 SKS

  1. Mampu menenetukan gaya-gaya dan kesetimbangan yang terjadi serta menghitung besarnya yang terjadi pada pembebanan suatu batang

 

  1. Mampu menghitung momen gaya yang terjadi

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Memahami pemanfaatan dasar-dasar mekanika teknik untuk melakukan perancangan

·       Sistem gaya, resultan, konsep diagram benda bebas, persamaan keseimbangan

·       Analisis struktur, truss dan frame, gaya terdistribusi dan gaya dalam

 

·       Konsep tegangan-regangan, tegangan dan regangan akibat beban aksial

·       Pengenalan plastisitas dan perhitungan tegangan sisa (residual stresses), tegangan (dan regangan) akibat momen puntir, tegangan (dan regangan) akibat momen lentur

·       Pengaruh distribusi momen lentur yang tak seragam (tegangan akibat gaya lintang), analisis tegangan (lingkaran Mohr)

·       Teori kegagalan (failure theory), dan persoalan statis tak tentu

 

Matakuliah: Merkanika Teknik

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory.  Asesmen dilakukan melalui soal test/quiz, ujian

 

Persyaratan: Menggambar Teknik, Kalkulus Dasar

 

Perhatian:  Sebagai bagian dari disiplin engineering, teknik industri tetap memerlukan pembelajaran pada ilmu teknik (engineering science) dasar seperti mekanika teknik. Disampaikan bahwa pengetahuan ini diperlukan juga untuk analisis biomekanika.

2 SKS

  1. Mampu melakukan pengukuran geometris suatu produk untuk keperluan pembuatan gambar teknik

 

 

 

  1. Memahami konsep toleransi

 

 

 

  1. Mampu membaca gambar teknik suatu produk untuk keperluan selanjutnya dalam lingkup teknik industri seperti pengendalian mutu dan perencanaan proses
  2. Mampu membuat gambar teknik suatu produk
  3. Mampu membuat Bill of Material dari gambar teknik suatu produk yang diberikan

·     Gambar teknik, perancangan dan teknik industri

·     Konstruksi geometrik

·     Pembuatan sketsa, garis dan penamaan

·     Gambar 3D dan proyeksi orthografik

·     Auxiliary views

 

·     Dimensi dan toleransi

·     Toleransi dan fit

 

 

·     Model perakitan dan exploded assembly

·     Thread, Fasteners dan spring, dll

 

 

 

·     Bill of Material

·     Dokumentasi gambar dan gambar kerja

Matakuliah: Menggambar Teknik

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi, praktikum

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory.  Asesmen dilakukan melalui soal test/quiz, ujian dan juga asesmen melalui praktikum (cpl 12 poin 1

 

Persyaratan: --

 

Perhatian:  Matakuliah ini lebih ditekankan kepada kemampuan mahasiswa membaca gambar untuk keperluan input perancangan teknik industri. Dosen harus dapat menunjukkan hal tesrsebut misalkan dari gambar dapat diperoleh BOM untuk inpute perencanaan produksi. Dari gambar bisa diperoleh informasi dimensi dan toleransi yang diperlukan untuk pengendalian mutu, dsb. Penggunaan CAD dapat memenuhi CPL 8.

2 SKS

+

1 SKS (P)

  1. Memahami jenis-jenis dan karakteristik dasar material (logam, polimer, dll) yang dapat dipakai dalam proses produksi
  2. Memahami standard-standard pengkodean material teknik seperti ASTM, JIS dan SII

 

31.  Memahami prosedur pengujian bahan serta maksud dan tujuan dari pengujian tersebut

 

·       Pengelompokan material

·       Sifat material: mekanik, fisik, kimia, teknologi

 

·       Standar material, standar poduk, dan standar uji

 

 

·       Uji mekanik dan interpretasinya

·       Uji tarik, impak, kekerasan, fatigue, mulur, puntir

·       Ikatan atom; dasar kristalografi; logam dan sistem pemaduan

·       Paduan logam berbasis besi

·       Diagram Fe-Fe3C

·       Transformasi fasa

·       Non ferrous alloys

·       Dasar teori penguatan logam

 

Matakuliah: Material Teknik

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory.  Asesmen dilakukan melalui soal test/quiz, ujian.

 

Persyaratan: Fisika Dasar

 

Perhatian:  Sebagai bagian dari disiplin engineering, teknik industri tetap memerlukan pembelajaran pada ilmu teknik (engineering science) dasar seperti material teknik. Disampaikan bahwa pengetahuan ini diperlukan juga untuk matakuliah terkait dengan perancangan atau pengembangan produk.

2 SKS

  1. Mampu membuat diagram alir dari suatu algoritma penyelesaian masalah tertentu
  2. Mampu membuat program komputer dengan bahasa pemrograman tertentu untuk merealisasikan algoritma-algoritma penyelesaian masalah tertentu

·     Pembuatan Diagram Alir

·     Hakekat pemrograman dan pembuatan program sederhana

·     Pendefinisian dan manipulasi fungsi dan prosedur

·     Logika pengambilan keputusan

·     Logika pengulangan

·     Array 1 dimensi

·     Array 2 dimensi

·     Struktur data record

Matakuliah: Pemrograman Komputer

 

Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi, praktikum pemrograman

 

Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat  Introductory dan asesmen melalui hasil praktikum pemrograman menjadi kunci utama evaluasi ketercapaian CPL ini.

 

Persyaratan: Kalkulus Dasar

 

Perhatian:  praktikum pemrograman menjadi keharusan untuk pemenuhan CPL ini. Bahasa pemrograman yang digunakan dapat disesuaikan dengan kriteria utama keberlanjutan pemakaian untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah selanjutnya.

2 SKS

+

1 SKS (P)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebaran Umum per 1 Maret (Supersamar)