OBE-TI: CPL10
Perincian
Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Industri (Level 6)
Capaian
Pembelajaran Lulusan 10 : Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat
perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi
yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa
Deskripsi
Rinci Capaian Pembelajaran Lulusan |
Materi
Pembelajaran |
Keterangan |
Beban
(SKS atau sesi) |
1. Mampu membuat program
simulasi komputer untuk menyelesaikan masalah yang diberikan |
·
Perumusan masalah dan tujuan pemecahan masalah ·
Karakterisasi sistem masalah ·
Identifikasi variabel-variabel keputusan,
lingkungan dan parameter untuk menyusun model simulasi ·
Pembuatan model konseptual ·
Pemrograman dengan bahasa simulasi ·
Pengumpulan data dan verifikasi ·
Pengembangan skenario simulasi ·
Pelaksanaan simulasi |
Matakuliah: praktikum Simulasi Komputer, yang
menjadi bagian matakuliah Simulasi Komputer (3 SKS) Proses pembelajaran: praktikum Petunjuk Asesmen: bisa digunakan
rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan praktikum mahasiswa Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman Perhatian: bisa digunakan untuk memenuhi CPL 11,
CPL 13, dan CPL 14. Jika dirancang demikian, diperlukan metode asesmen untuk
memeriksa ketercapaian CPL tersebut |
1 SKS |
|
·
Penyiapan
file kerja spreadsheet ·
Fungsi-fungsi
dasar spreadsheet ·
Pembuatan
formula ·
Pembuatan
aplikasi spreadsheet untuk perhitungan sederhana dalam disiplin teknik
industri |
Matakuliah: bisa disisipkan pada berbagai matakuliah Proses
pembelajaran: pemberian tugas Petunjuk
Asesmen: bisa digunakan rubrik atau
penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa menguasai penggunaan
spreadsheet. |
NS |
3. Menggunakan perangkat
lunak statistik |
·
Pengenalan pada perangkat lunak ·
Penyiapan data ·
Penggunaan aplikasi untuk mendukung analisis data
statistik ·
Penafsiran laporan (output) hasil pengolahan data dengan perangkat lunak |
Matakuliah: bagian dari matakuliah Statistika
Industri Proses pembelajaran: pemberian tugas Petunjuk Asesmen: bisa digunakan
rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa mengenal
perangkat lunak statistik |
NS |
4. Menggunakan perangkat lunak untuk optimisasi |
·
Pengenalan
pada perangkat lunak ·
Penyiapan
data ·
Penggunaan
aplikasi untuk mendukung pencarian solusi model optimisasi yang dikembangkan ·
Penafsiran
keluaran solusi dari perangkat lunak |
Matakuliah: bagian dari matakuliah Penelitian Operasional Proses
pembelajaran: pemberian tugas Petunjuk
Asesmen: bisa digunakan rubrik atau
penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa mengenal perangkat lunak
untuk melakukan optimisasi dan akan sangat baik jika mahasiswa menguasai
perangkat lunak untuk optimisasi seperti LINGO, Mathcad, dsb. |
NS |
5. Membuat basis data
sederhana |
·
Pembuatan model proses ·
Pembuatan model data ·
Normalisasi basis data ·
Pemrograman basis data ·
Pemrograman search
dan querry sesuai kebutuhan |
Matakuliah: bagian dari matakuliah Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi Proses pembelajaran: praktikum Petunjuk Asesmen: bisa digunakan
rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan praktikum mahasiswa Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman Perhatian:
Mahasiswa harus dapat melihat keterkaitan praktek yang dilakukan dalam
rangkaian perancangan sistem terintegrasi secara keseluruhan |
1 SKS (P) |
Komentar
Posting Komentar