OBE-TI: CPL10

 

Perincian Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Industri (Level 6)

 

Capaian Pembelajaran Lulusan 10      :    Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa

Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran Lulusan

Materi Pembelajaran

Keterangan

Beban (SKS atau sesi)

1.     Mampu membuat program simulasi komputer untuk menyelesaikan masalah yang diberikan

·     Perumusan masalah dan tujuan pemecahan masalah

·     Karakterisasi sistem masalah

·     Identifikasi variabel-variabel keputusan, lingkungan dan parameter untuk menyusun model simulasi

·     Pembuatan model konseptual

·     Pemrograman dengan bahasa simulasi

·     Pengumpulan data dan verifikasi

·     Pengembangan skenario simulasi

·     Pelaksanaan simulasi

Matakuliah: praktikum Simulasi Komputer, yang menjadi bagian matakuliah Simulasi Komputer (3 SKS)

 

Proses pembelajaran: praktikum

 

Petunjuk Asesmen: bisa digunakan rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan praktikum mahasiswa

 

Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman

 

Perhatian: bisa digunakan untuk memenuhi CPL 11, CPL 13, dan CPL 14. Jika dirancang demikian, diperlukan metode asesmen untuk memeriksa ketercapaian CPL tersebut

1 SKS

 

 

  1. Menggunakan perangkat lunak spreadsheet

·     Penyiapan file kerja spreadsheet

·     Fungsi-fungsi dasar spreadsheet

·     Pembuatan formula

·     Pembuatan aplikasi spreadsheet untuk perhitungan sederhana dalam disiplin teknik industri

Matakuliah: bisa disisipkan pada berbagai matakuliah

 

Proses pembelajaran: pemberian tugas

 

Petunjuk Asesmen: bisa digunakan rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa

 

Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman

 

Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa menguasai penggunaan spreadsheet.

NS

3.     Menggunakan perangkat lunak statistik

·     Pengenalan pada perangkat lunak

·     Penyiapan data

·     Penggunaan aplikasi untuk mendukung analisis data statistik

·     Penafsiran laporan (output) hasil pengolahan data dengan perangkat lunak

Matakuliah: bagian dari matakuliah Statistika Industri

 

Proses pembelajaran: pemberian tugas

 

Petunjuk Asesmen: bisa digunakan rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa

 

Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman

 

Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa mengenal perangkat lunak statistik

NS

4.     Menggunakan perangkat lunak untuk optimisasi

·     Pengenalan pada perangkat lunak

·     Penyiapan data

·     Penggunaan aplikasi untuk mendukung pencarian solusi model optimisasi yang dikembangkan

·     Penafsiran keluaran solusi dari perangkat lunak

Matakuliah: bagian dari matakuliah Penelitian Operasional

 

Proses pembelajaran: pemberian tugas

 

Petunjuk Asesmen: bisa digunakan rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan tugas mahasiswa

 

Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman

 

Perhatian: diyakinkan bahwa mahasiswa mengenal perangkat lunak untuk melakukan optimisasi dan akan sangat baik jika mahasiswa menguasai perangkat lunak untuk optimisasi seperti LINGO, Mathcad, dsb.

NS

5.     Membuat basis data sederhana

·     Pembuatan model proses

·     Pembuatan model data

·     Normalisasi basis data

·     Pemrograman basis data

·     Pemrograman search dan querry sesuai kebutuhan

Matakuliah: bagian dari matakuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

 

Proses pembelajaran: praktikum

 

Petunjuk Asesmen: bisa digunakan rubrik atau penilaian langsung dari hasil laporan praktikum  mahasiswa

 

Persyaratan: penguasaan kemampuan pemrograman

 

Perhatian:  Mahasiswa harus dapat melihat keterkaitan praktek yang dilakukan dalam rangkaian perancangan sistem terintegrasi secara keseluruhan

1 SKS

(P)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebaran Umum per 1 Maret (Supersamar)