OBE-TI: CPL13
Perincian
Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Industri (Level 6)
Capaian
Pembelajaran Lulusan 13 : Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran
diri seumur hidup
Deskripsi
Rinci Capaian Pembelajaran Lulusan |
Materi
Pembelajaran |
Keterangan |
Beban
(SKS atau sesi) |
|
·
Materi diberikan bersamaan dengan kegiatan
pembelajaran yang diperkuat dengan memberikan evaluasi terhadap hasil asesmen
kerjasama yang dilakukan pada setiap matakuliah yang diberi tugas untuk CPL
ini |
Matakuliah: tidak spesifik; disarankan paling
tidak setiap semester ada paling tidak 1 matakuliah yang diberi tugas
pemenuhan CPL . Proses pembelajaran: menggunakan teknik-teknik yang dapat
membuat mahasiswa aktif belajar. Misalkan penugasan mahasiswa untuk
mempelajari terlebih dahulu topik kuliah pada minggu yang akan datang;
menuliskan makalah singkat untuk satu isu pada topik perkuliahan; dilakukan
evaluasi langsung dari proses asesmen (coaching) Petunjuk Asesmen: semua level
pembentukan CPL dapat diberikan; Introductory
untuk matakuliah yang diberi tugas pemenuhan CPL ini pada tingkat 1-2; Reinforcement untuk matakuliah tingkat
3; Evaluation untuk matakuliah
tingkat 4. Rubrik kemampuan mencari informasi dipergunakan untuk melakukan
asesmen Persyaratan: -- Perhatian: dosen meluangkan waktu untuk memberi
masukan pada mahasiswa mengenai kemampuan mencari informasi. |
NS |
2. Terampil menggunakan peralatan teknologi informasi yang
diperlukan dalam pencarian informasi |
·
Penjelasan
mengenai pemakaian program searching seperti
google dan penggunaan database artikel jika dimiliki dilakukan pada saat
orientasi dan diperkuat sepanjang masa pendidikan dengan berbagai kegiatan
pembelajaran yang membuat mahasiswa harus menggunakan peralatan teknologi
informasi untuk pencarian informasi |
Matakuliah: tidak spesifik; disarankan paling tidak setiap semester
ada paling tidak 1 matakuliah yang diberi tugas pemenuhan CPL Proses
pembelajaran: pemberian tugas untuk
mencari data atau informasi menggunakan berbagai teknologi informasi yang
tersedia di kampus dengan melakukan evaluasi langsung dari proses asesmen
(coaching) Petunjuk
Asesmen: Rubrik untuk menilai keterampilan
dan keragaman penggunaan teknologi informasi untuk melakukan pencarian
informasi. Persyaratan: penguasaan pemakaian komputer Perhatian: dosen meluangkan waktu untuk memberi masukan pada
mahasiswa mengenai keterampilan pemakaian teknologi informasi untuk mencari
informasi. |
NS |
3. Menguasai bahasa Inggris
untuk memahami bacaan, membuat tulisan singkat dan berbicara secara pasif |
·
Reading comprehension ·
Writing and sentence structure ·
Speaking |
Matakuliah: Bahasa Inggris Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi Petunjuk Asesmen: pemberian tugas
individu untuk membuat tulisan ringkas dan test/quiz serta ujian Persyaratan: -- Perhatian: diberikan contoh, misalkan teks untuk
dibaca dan penugasan pembuatan tulisan, yang terkait dengan disiplin teknik
industri |
2 SKS |
Komentar
Posting Komentar