OBE-TI: CPL3
Perincian Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Industri (Level 6)
Capaian Pembelajaran Lulusan 3 : Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental
Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran Lulusan | Materi Pembelajaran | Keterangan | Beban (SKS atau sesi) |
| · Sama dengan materi yang berada pada pemenuhan CPL 2
· Sama dengan materi yang berada pada pemenuhan CPL 2 | Matakuliah: bagian dari matakuliah Penelitian Operasional
Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi
Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat Reinforcement sehingga asesmen dilakukan melalui soal ujian yang sesuai untuk penguatan CPL.
Persyaratan: Statistika Industri, Kalkulus Dasar, Aljabar Linier, Matematika Optimisasi
Perhatian: Penggunaan perangkat lunak optimisasi dapat dilakukan untuk membantu penyelesaian masalah yang menjadi tugas. Dapat juga untuk pemenuhan CPL 10 | NS |
| · Pengantar simulasi · Langkah-langkah pemodelan simulasi · Dasar simulasi kejadian diskrit · Struktur dasar program simulasi · Pembangkit bilangan random · Pembangkit variat random · Verifikasi dan validasi model simulasi · Teknik reduksi variansi · Pengembangan skenario simulasi · Analisis keluaran program simulasi
| Matakuliah: bagian dari matakuliah Simulasi Komputer
Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi
Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat Reinforcement sehingga asesmen dilakukan melalui soal ujian yang sesuai untuk penguatan CPL.
Persyaratan: Statistika Industri, Pemodelam Sistem
Perhatian: Memberikan kontribusi juga pada pemenuhan CPL 10 terkait kemampuan menggunakan perangkat lunak simulasi melalui pengerjaan tugas membuat program simulasi. Praktikum diberi beban 1 SKS. Disain tugas kelas bisa dibuat dalam bentuk kelompok dan mengharuskan presentasi tugas sehingga dapat digunakan untuk memenuhi CPL 11 dan CPL 14 Bagian dari matakuliah Pemodelan Sistem yang bersifat intoductory pada penguasaan rincian CPL ini. |
2 SKS |
| · Pemodelan sistem untuk pemecahan masalah · Proses pendefinisian masalah | Matakuliah: bagian dari matakuliah Pemodelan Sistem dan juga Tugas Akhir (4 SKS)
Proses pembelajaran: tatap muka, diskusi, pemberian tugas dan pembimbingan tugas akhir
Petunjuk Asesmen: matakuliah bersifat Reinforcement dan Evaluation sehingga asesmen dilakukan melalui pengerjaan tugas pemodelan dan pembimbingan Tugas Akhir dengan memanfaatkan rubrik
Persyaratan: Penelitian Operasional, Pemodelan Sistem
Perhatian: untuk pengerjaan Tugas Akhir, kemampuan ini dapat dilihat pada bagian pendahuluan (bab 1) Tugas Akhir, khususnya pada perumusan masalah. | NS |
Komentar
Posting Komentar