Etika dan Tata Tertib pada PSTI FT Unidar Ambon
ETIKA DAN TATA TERTIB MAHAS1SWA
1. Etika dan tata tertib mahasiswa
secara umum
1)
Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan PBM sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PS Teknik Industri dan
Universitas Darussalam Ambon.
2)
Saling menghargai diantara sesama mahasiswa, menghormati civitas akademika
lainnya seperti pegawai dan dosen.
3)
Tidak diperkenankan melakukan kecurangan dalam mengerjakan ujian.
4)
Tidak diperkenankan melakukan plagiat dalam penulisan skripsi atau karya
ilmiah lainnya.
5)
Tidak diperkenankan memalsukan nilai dan ijasah.
6)
Mahasiswa PS Teknik Industri agar berpakaian sopan dan rapi sesuai dengan kegiatan yang dilakukan
dalam kampus dan atau di lapangan.
7)
Pelanggaran terhadap tata tertib akan dikenakan sanksi yang akan ditetapkan dalam rapat pimpinan
PS Teknik Industri.
8)
Sangsi yang diberikan dalam bentuk peringatan lisan, peringatan tertulis sampai dengan mahasiswa
dikeluarkan dari PS Teknik Industri.
2.
Etika dan
tata tertib mahasiswa dalam ruang kuliah
1) Tidak boleh terlambat lebih dari
15 menit
2) Tidak boleh merokok dan membawa
minuman keras ke ruang kuliah
3) Tidak memakai kaos oblong pada
saat kuliah
4) Berpakaian yang rapi sehingga
tidak kelihatan perutnya/pusar dan anggota-anggota tubuh bagian bawah. Khusus bagi mahasiswi, wajin
mengenakan kerudung secara rapi dan tertutup, serta tidak mengenakan pakaian
yang ketat dan transparan.
5) Tidak boleh memakai sandal
6) Pelanggaran terhadap etika dan
tata tertib di atas, dosen yang memberi kuliah langsung mengeluarkan dari ruang kuliah atau
melaporkan kepada pimpinan
PS Teknik Industri.
3.
Etika dan
tata tertib mahasiswa di tempat Praktek Kerja Lapangan
1) Tidak boleh terlambat dan
mendahului pulang sebelum jam kerja
2) Tidak boleh merokok dan membawa minuman keras ke
tempat PKL
3) Berpakaian rapi dan sopan sesuai
dengan ketentuan di tempat PKL
4) Mahasiswa harus memakai identitas
diri peserta PKL PS Teknik Industri
5) Tidak boleh memakai sandal
6) Menghormati dan bekerjasama
dengan semua staf di tempat PKL
7) Pelanggaran terhadap etika dan
tata tertib di atas, pembimbing melaporkan kepada pimpinan PS Teknik Industri untuk diambil tindakan selanjutnya
7.4 Etika
dan tata tertib mahasiswa di tempat magang
1) Tidak boleh terlambat dan
mendahului pulang sebelum jam kerja
2) Tidak boleh merokok dan membawa
minuman keras ke tempat magang
3) Berpakaian rapi dan sopan sesuai
dengan ketentuan di tempat magang
4) Mahasiswa harus memakai identitas
diri peserta magang PS Teknik Industri
5) Tidak boleh memakai sandal
6) Menghormati dan bekerjasama
dengan semua staf di tempat magang
7) Pelanggaran terhadap etika dan
tata tertib di atas, pembimbing melaporkan kepada pimpinan PS Teknik Industri untuk diambil tindakan selanjutnya
TATA CARA REGISTRASI
1.
Lakukan pembayaran SPP pada
Loket Pembayaran di Rektorat.
2.
Dapatkan KRS
3.
Dapatkan DNS
4.
Konsultasi dengan Dosen
Penasehat Akademik
5.
Isilah KRS sesuai Kode, Nama
Mata Kuliah, SKS, dan Waktu Kuliah yang terdapat di Prodi
6.
Tandatangan KRS oleh
Mahasiswa
7.
Tandatangan KRS oleh Dosen
Penasehat Akademik
8.
Tandatangan KRS oleh Ketua
Program Studi
9.
KRS distempel oleh Tata
Usaha
10. Masukan arsip KRS lembar
warna Merah dan Kuning ke fakultas untuk diarsipkan
TATA TERTIB BIMBINGAN
1.
Membuat janji sebelum bertemu dengan Dosen
Penasehat Akademik
2.
Berpakaian sopan dan rapi ketika bertemu Dosen
Penasehat Akademik
3.
Membawa Daftar Nilai
Semester (DNS) setiap bimbingan kepada Dosen Penasehat Akademik
4.
Mencatat hasil bimbingan kedalam buku dan meminta
tanda tangan Dosen Penasehat Akademik setelah proses bimbingan selesai.
5.
Bimbingan Akademik dengan
Dosen Penasehat Akademik minimal dilakukan 1 kali setiap semester. Bimbingan
Akademik tambahan dapat dilakukan sesuai keperluan dan dengan persetujuan Dosen
Penasehat Akademik
TATA
TERTIB PERKULIAHAN
A. Tata Tertib Menghadiri Perkuliahan[1]
1.
Setiap mahasiswa aktif
diwajibkan mengikuti perkuliahan untuk semua mata kuliah yang telah diisi pada
KRS sesuai dengan waktu, tempat, kelas dan dosen yang telah ditentukan pada
jadwal perkuliahaan adalah sebagai berikut :
2.
Bagi perkuliahan
reguler/pagi sebelum perkuliahan dimulai wajib membaca alqur’an/tilawah yang
dipimpin oleh dosen mata kuliah pada jam pertama perkuliahan.
3.
Mahasiswa peserta kuliah
diwajibkan hadir sebelum kuliah dimulai.
4.
Bila peserta kuliah
terlambat hadir, diwajibkan melapor kepada dosen yang bersangkutan. Dosen
berhak melarang peserta kuliah yang datang lebih dari 30 menit setelah kuliah
dimulai untuk mengikuti perkuliahan pada jam tersebut.
5.
Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan
untuk mengisi daftar hadir.
6.
Mahasiswa peserta kuliah
diwajibkan mengikuti perkuliahan dengan sopan, tertib dan tenang serta mematuhi
tata tertib sebagai berikut :
o Berpenampilan sopan dan rapi, dengan berpakaian baju/kaos berkerah dan
memakai sepatu.
o Mengikuti kuliah dengan tertib dan tenang, tidak diperkenankan melakukan
perbuatan-perbuatan yang mengganggu jalannya perkuliahan.
o Mengikuti kuliah dengan seksama, tidak diperkenankan keluar masuk
ruangan kuliah tanpa seizin dosen dan/atau mengerjakan hal-hal lain, kecuali
yang berkaitan dengan materi kuliah.
o Mengerjakan tugas yang diberikan oleh Dosen dengan penuh tanggung jawab.
o Menjaga kebersihan ruang kuliah dan fasilitas perkuliahan.
o Dosen berhak mengeluarkan mahasiswa dari ruang kuliah jika mahasiswa
peserta kuliah melanggar tata tertib perkuliahan.
7.
Setelah perkuliahan
selesai, mahasiswa peserta kuliah diwajibkan merapikan kembali tempat duduk dan
fasilitas perkuliahan lain yang digunakan dan segera meninggalkan ruang kelas
jika tidak ada perkuliahan kembali agar bisa dirapikan untuk perkuliahaan
selanjutnya.
8.
Mahasiswa meninggalkan
ruang kuliah dengan tertib dan tenang.
B.
Tata Cara
Berkomunikasi dengan Dosen[2]
1.
Perhatikan
waktu. Sebaiknya Anda tidak mengirim pesan ketika waktu istirahat, beribadah,
atau di hari libur.
2.
Awali pesan
dengan salam dan perkenalan diri.
Contoh:
Selamat pagi, Mbak. Saya Veronica Tasya, mahasiswi Diplomasi kelas D.
3.
Sampaikan
keperluan Anda dengan ringkas.
Terkait tugas presentasi minggu depan, apakah saya boleh menggunakan literatur
tambahan?
4.
Gunakan bahasa
yang formal dan hindari menyingkat kata. Perhatikan juga penggunaan tanda baca,
huruf kapital, serta pastikan tidak ada kesalahan penulisan (typo).
Contoh: Hindari menyingkat kata “dmn, kpn, bgmn, otw, sy”, dan hindari juga
kata-kata non-formal “aku, ok”
5.
Akhiri pesan
dengan mengucapkan terima kasih atau salam.
6.
Hindari
pertanyaan yang ‘menginterogasi’ dosen.
Contoh yang salah:
“Maaf Mbak, minggu lalu saya sudah mengirimkan draft skripsi saya. Kapan bisa
dapat feedback ya?”
C. ATURAN BERPAKAIAN BAGI MAHASISWA[3]
Komentar
Posting Komentar